Pilih Menu Buka Puasa Sehat !

Diposkan oleh Agrizal Afgani on Sabtu

Dalam postingan kali ini saya akan membahas mengenai menu buka puasa, biasanya dalam menjalani puasa terasa ingin menghidangkan segala menu buka puasa yang istimewa. Untuk para ibu  pas banget masuk blog sini. Jangan sampe deh suami atau putra & putri anda merasa bosan dengan menu buka puasa yang dihidangkan (hihihi). Namun perlu diperhatikan, selain enak menu buka puasa juga harus sehat. Salah memilih menu buka puasa bisa menyebabkan kadar kolesterol melonjak (wah...!!). Sebaiknya anda dan keluarga anda mengkonsumsi menu buka puasa yang sehat serta bergizi, agar puasa berjalan lancar 1 bulan penuh. Aminnn.... :D

Sebenarnya hidangan menu buka puasa bisa anda sajikan sendiri dengan anggaran yang tidak terlalu mahal, selain itu anda bisa membuat hidangan menu buka puasa sesuai selera anda.

Berikut tips memilih menu buka puasa :
  1. Utamakan minuman yang manis alami tanpa gula. Misalnya air kelapa, jus buah. Sebaiknya hindari gula pasir berlebih saat buka puasa karena dapat berakibat pada kesehatan yang kurang baik.
  2. Hindari gorengan, karena dapat mengikat oksigen darah sampai 20%. Bisa menimbulkan ngantuk sewaktu tarawih.
  3. Setelah menyantap menu buka puasa, dianjurkan mengkonsumsi air putih minimal 1 liter.
Contoh menu untuk buka puasa:
  • Nasi merah bisa disajikan untuk buka puasa sangat cocok bila dikombinasikan dengan sate ayam atau soto ayam. Ditutup dengan 2 buah pisang segar.
  • Bila nasi dirasa padat untuk menu buka puasa, anda bisa mencoba spaghetti saus tuna dan salad buah sebagai penutup.
menu-buka-puasa
Memilih nasi merah sebagai menu buka puasa sangatlah tepat karena memiliki kandungan karbohidrat, protein, vitamin B1 dan B3. Nasi merah memiliki kandungan vitamin dan mineral lebih banyak dibanding dengan nasi putih. Nasi merah cocok untuk menu buka puasa bagi orang yang mengidap penyakit diabetes dan darah tinggi karena nasi merah tidak menyebabkan kadar gula dalam darah meningkatkan . Nasi merah juga bisa disajikan sebagai menu buka puasa anak karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh terutama saat menjalankan ibadah puasa dan meningkatkan perkembangan otak serta kandungan zat besi yang lebih tinggi.

Hmm... Tertarik mencoba nasi merah untuk dijadikan hidangan menu buka puasa? Berikut ini saya jelaskan cara mengolah beras merah untuk hidangan menu buka puasa :
  • Beras merah direndam selama setengah jam agar bersih dan lunak sehingga membantu nasi cepat matang
  • Beras merah mengandung serat yang tinggi sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama serta memerlukan air yang lebih banyak tidak seperti beras biasa.
  • Untuk menjadikan nasi mearah sebagai menu buka puasa, sebaiknya beras merah ditanak dengan cara tradisional kemudian dikukus dalam dandang. Tidak disarankan menggunakan rice cooker bisa mengakibatkan nasi untuk menu buka puasa menjadi keras.
  • Setelah nasi setengah matang (air habis ) pindahkan pada dandang/kukusan. Bila ingin lebih cepat matang panaskan dulu air dalam dandang lalu masukan nasi yang sudah setengah matang.

Semoga menu buka puasa ini bermanfaat :)
Baca Selengkapnya »»» Pilih Menu Buka Puasa Sehat !

Baca juga :